Laman

Senin, 17 Juni 2013

TIPS HEMAT MENGELOLA KEUANGAN ALA MUSLIMAH



Arini tampak sibuk menghitung anggarannya untuk satu bulan kedepan, setelah di hitung semuanya tertera jumlah uang yang harus dikeluarkan , satu juta. Gadis itu memijit keningnya pusing padahal banyak anggran yang telah di kurangi tapi masih tetap memakan biaya tinggi karena meroketnya harga-harga. Dia masih berstatus sebagai single woment yang bekerja di sebuah perusahaan swasta dengan gaji kurang dari dua juta di tambah aktive mencari sampingan. Lantas bagaimana dengan orang yang sudah berumah tangga pasti di buat pusing tujuh keliling. Arini kembali menghitung anggaran yang harus di keluarkan  untuk biaya kost, makan sebulan, biaya internet, beli beberapa buku, bayar langganan koran, tabloid, majalah tak ketinggalan fashion yang murah sebagai penunjang perform juga ditambah kecantikan. Belum kegiatan organisasi yang membutuhkan biaya, kegiatan dakwah dan infak perbulan. Biaya segitu sudah termasuk semua hal yang jauh dari aura kemewahan.
Berbeda dengan Silvi dia sama juga muslimah yang sudah bekerja tapi setiap menghadapi tanggal muda dia selalu dibuat pusing tujuh keliling. Seperti kata pribahasa gali lobang tutup utang. Setiap gajihan pasti uangnya habis buat bayar hutang dan selanjutnya dia di pusingin siapa yang bisa jadi inceran untuk di pinjami uangnya. Dari segi kehidupan memang dia termasuk gadis boros, perform selalu yang ber-merk padahal dia bukan termasuk aktivis seperi Arini tapi kehidupannnya selalu kurang dan kurang. Menabung adalah sesuatu hal yang tak pernah terpikirkan dalam agendanya.
Contoh-contoh diatas adalah sebuah gambaran betapa  kebutuhan dan gaya hidup membutuhkan solusi yang tepat untuk memanage keuangan dengan baik biar nggak di cap sebagai manusia yang boros. Dengan melakukan penghematan di segala hal bukannnya kita pelit, tapi hidup tidak hanya untuk hari ini. Jika besok sakit atau ada kepentingan yang membutuhkan biaya besar tanpa memiliki sebuah tabungan tentu akan susah dan merepotkan orang lain. Maka untuk melakukan penghematan  segala sesuatu harus di rencanakan terlebih dahulu supaya tidak tekor saat membelanjakan uang.
Ada tips-tiaps bagaimana cara mengelola keuangan agar lebih bijak, hemat dan efektif. Hal yang di utamakan adalah mengutamakan pengeluaran yang bersifat wajib dan tidak bisa di tunda. Oleh sebab itu ada beberapa hal yang bisa di praktikan:
·         Memiliki Skala Prioritas
Prioritaskan hal yang paling penting untuk kebutuhan jasmani seperti kebutuhan pokok makan dan minum karena kebutuhan ini  wajib untuk di penuhi. Berapa anggaran yang harus di keluarkan tidak harus mewah tapi memenuhi standar gizi empat sehat lima sempurna.
·         Mengutamakan Pengeluaran Yang Sifatnya Reguler
Pengeluaran rutin perbulan berupa biaya untuk pengeluaran pulsa perbulan, beli buku-buku penunjang biar wawasan bertambah, biaya akses internet, ongkos untuk biaya dakwah pengeluarannya bisa di rinci dan di hitung tekan sehemat mungkin.
·         Mencari Alternatif
Dalam membelanjakan uang bisa memilih alternatif-alternatif yang menghemat pengeluaran. Sedikit menurunkan kualitas hidup mungkin tidak akan menjatuhkan harga diri yang terpenting bisa tetap eksis berkarya dan kebutuhan terpenuhi. Hidup pas-pasan, pas untuk makan, pas untuk jalan, pas untuk menimba ilmu, pas untuk berinfak kan masih mending ketimbang kekurangan.
·         Mencari Usaha Sampingan
Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan tentunya butuh mental yang kuat. Buang jauh-jauh deh rasa gengsi karena percuma gengsi di piara jika hidup terus-terusan sengsara. Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan yang bisa di intip di internet, bisnis apa yang lagi booming sekarang. Bisnis online, pulsa, kreditin baju, jual produk herbal atau lainnnya yang terpenting halal dan tidak mengganggu ativitas kerja. Syukur-syukur kalau bisnis itu bisa berkembang hingga bisa jadi batu loncatan untuk segera hengkang dari pekerjaan utama. Dan yang lebih asyik jika dari penghasilan tambahan itu kita semakin sering berinfak dan bisa melakukan aktivitas-aktivitas sosial laaiinnya.
·         Tulis Pengeluaran Yang Sudah Di Keluarkan
Menuliskan pendapatan dan pengeluaran dalam nota akan menjadi pengontrol yang baik dalam memanage keuangan. Pengeluaran tiap hari di catat sedetail mungkin sehingga akan tau berapa pengeluaran hari itu dan sisanya bisa untuk di tabung.
·         Berbelanjalah Sesuai Kebutuhan
Jangan membelanjakan uang pada sesuatu yang nggak penting sebelum ke luar rumah untuk pergi ke Mall, pasar atau tempat-tempat belanja lainnya di usahakan catat barang-barang apa saja yang kira-kira sangat di perlukan dan ingin di beli untuk menghindari membeli barang-barang yang sama sekali nggak di rencanakan dan nggak terlalu penting pemakaiannya. Tidak membawa ATM dan uang yang berlebihan akan cukup baik karena jika memiliki uang berlebih suka gatel ingin beli barang-barang yang di luar dugaan. Memang membutuhkan komitmen yang tinggi untuk melakukannya tapi bisa di coba agar tidak ter jebak pada pemborosan.
·         Di Usahakan Ada Anggaran Menabung Setiap Bulan
Kebanyakan orang menjadikan agenda menabung karena ada sisa anggaran, akan lebih baik jika menabung adalah sesuatu hal yang wajib. Melakukan investasi jangka pendek jika jumlahnya sudah besar kita bisa melakukan investasi bergerak yang akan bermampat di kemudian hari.  Dari tabungan tersebut mungkin nantinya bisa di jadikan modal usaha kecil-kecilan yang bisa menambah pendapatan kita  dan jika kita sakit atau ada keperluan yang tidak di sangka-sangka membutuhkan biaya yang cukup besar tabungan bisa di jadikan langkah yang efektif ketimbang harus hutang sana-sini untuk mencukupi kebutuhan.
Dengan pandai kita menghemat uang, semoga bisa terhindar dari pemborosan dan hidup kita menjadi berkualitas karena mengeluarkan sesuatu sesuai kebutuhannya. Selamat berhemat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar